Cara Memperbaiki Komputer Nyala Tapi Tidak Tampil Di Monitor


CPU komputer kalian nyala, kipas processor nyala, kipas vga nyala, lampu power dan lampu hardisk nyala tapi kalau mouse atau keyboard di colokan tidak sanggup nyala dan monitor pun muncul goresan pena no signal/check cable monitor atau yang lainnya ? Tenang ! Ini merupakan hal yang biasa dihadapi seorang pengguna komputer. Hal ini biasanya berasal dari perangkat komputer yang ada di CPU menyerupai ram, vga, processor atau motherboard atau sanggup juga diakibatkan kabel vga yang konslet/rusak, maka dari itu kita bahas satu persatu penyebab komputer tidak tampil di monitor tetapi cpu nyala.

NB : Admin tidak bertanggung jawab apabila terjadi kerusakan atau kecelakaan. Semua itu ditanggung para pembaca dan kalau ragu-ragu untuk cek sendiri silahkan ke tukang servis saja tapi dengan biaya juga tentunya. Tapi hati-hati juga kalau di servis, terkadang banyak orang yang tak bertanggung jawab malah mempreteli/mengganti hardware-hardware di cpu kalian dan diganti yang sudah rusak.

Sebelum melaksanakan pengecekan, cabutlah kabel harddisk, kalau di hidup matikan terus nanti harddisk cepat rusak.

1. Kabel VGA Rusak
Cobalah ganti kabel vga dengan yang baru, atau coba cek di komputer yang lain kalau di komputer lain nyala berarti kabel vga normal.



2. RAM Rusak atau Kotor
RAM (Random Acces Memory) merupakan memori kawasan menyimpan data sementara, hal  ini ialah persoalan yang paling sering dijumpai pengguna komputer alasannya ialah RAM yang berperan sangat penting di komputer. Untuk mengeceknya silahkan buka epilog casing komputer kemudian lihat di pecahan RAM, biasanya letak RAM ini berdekatan dengan processor dan tersedia beberapa slot. Apabila dihidupkan speaker mengeluarkan bunyi biip beberapa kali itu artinya RAM nya bermasalah, sanggup jadi kotor atau rusak. Cobalah cabut satu persatu RAM nya kemudian bersihkan pecahan kuningan yang kawasan  buat nyolokin ke motherboard dengan tangan atau dengan penghapus yang terbuat dari karet halus, bersihkan secara lembut dan perlahan.

Setelah dibersihkan masukan kembali semuanya kemudian coba hidupkan, mouse, keyboard dan monitor nyala atau tidak, kalau masih belum nyala coba copot semua RAM nya kemudian coba satu persatu ram nya (pasang satu RAM kemudian nyalakan). Untuk lebih cepatnya coba tes ram yang kalian punya di motherboard yang lain, kalau di motherboard lain nyala tapi di motherboard yang pertama kali dicoba tidak nyala ada kemungkinan motherboard/slot ram nya yang rusak. Slot RAM rusak biasanya ada tanda habis kebakar di area sekitar slot RAM atau pecahan belakangnya. Solusinya mau tidak mau motherboard harus diganti. Tapi jangan berburuk sangka dulu mari coba cek ke bawah hardware apalagi yang perlu di cek.

NB : RAM yang rusak mengakibatkan mouse dan keyboard tidak menyala dan tidak tampil ke monitor.

3. VGA Rusak atau Kotor
Walaupun kipas vga nyala belum tentu vga nya dalam kondisi baik. Copot vga dari motherboard dan pasangkan kabel vga ke vga on board (colokan vga motherboard) kemudian nyalakan cpu, kalau nyala berarti vga kalian bermasalah. Bersihkan kuningan vga dengan kain halus/penghapus dari karet secara perlahan dan vga jangan hingga ketekan ya nanti rusak, kemudian pasang lagi dan nyalakan komputer, kalau masih belum nyala, vga harus beli lagi yang baru.

4. PSU Rusak
Untuk cek keadaan PSU alias Power Supply silahkan kalian gunakan cpu yang lain, pindahkan psu yang akan di cek ke cpu yang masih keadaan baik. Kalau pas dipasang psu yang tadi komputer ga nyala berarti psu dalam keadaan tidak baik/rusak dan harus diganti dengan yang gres alasannya ialah nanti kalau dipake terus sanggup merusak komponen yang lainnya. Hati-hati juga dikala mengecek PSU, kalau dilihat-lihat sudah tidak layak digunakan mending tidak usah dicoba, nanti malah yang tadinya komputernya masih anggun malah jadi rusak.

5. Processor Rusak
Ini merupakan hal yang sangat jarang terjadi, tapi walaupun jarang terjadi mungkin processor komputer kalian rusak. Untuk pengecekan processor dibutuhkan pasta thermal yang gres dan juga ekstra kehati-hatian, kalau masih belum terbiasa sanggup minta pemberian ahlinya. Buka heatsink/kipas processor, bersihkan pasta yang tersisa di processor dan di heatsink, sesudah itu buka segel penahan processor secara perlahan awas jangan hingga patah, kemudian ambil processor secara hati-hati, ingat letak/posisi processor menghadap kemana, letak goresan pena menghadap kemana, kalau hingga salah processor kalian akan niscaya RUSAK dan perlu di ganti gres (jadi hati-hati ya). 

Lihat socket processor yang kuning-kuning bangkit itu ada yang patah atau tidak, kalau ada yang patah berarti processor harus diganti, kalau tidak ada coba pasang lagi dan pasangkan juga segel penahannya tapi heatsink tidak usah dipasang, kemudian nyalakan cpu, apakah processor terasa hangat ? Kalau terasa cuek berarti processor rusak. Pasangkan kembali processor dan heatsink nya jikalau semua normal kemudian lanjut ke komponen yang lainnya.

6. Motherboard Rusak
Nah ini yang paling tidak terduga-duga para penguna komputer, motherboard rusak ditandai dengan panas yang berlebihan pada perangkat motherboard menyerupai elco, chipset, dll. Kalau pas cpu dinyalakan, rabalah pecahan bawah motherboard, apakah terasa panas atau tidak, kalau panas berarti motherboard rusak.

Berikut juga merupakan kesalahan yang biasa dilakukan yang sanggup merusak komponen-komponen komputer kalian :
1. Mematikan komputer dengan cara eksklusif dicabut tanpa di shutdown,
2. Menyalakan komputer dengan kondisi listrik tidak stabil,
3. Jarang membersihkan komponen CPU dan mengganti thermal pasta,
4. Salah cara membersihkan komponen CPU, terkadang ada orang yang membersihkan komponen-komponen CPU memakai air biasa, jangan menggandakan hal ini alasannya ialah sanggup mengakibatkan kerusakan. Mintalah tutorial ke tukang servis/teman kalian yang sudah mahir atau sanggup cek di youtube/google,
5. Memakai komputer dengan jangka waktu yang lama. Gunakanlah komputer 2-3 jam kemudian beri waktu istirahat 30 menit sebelum digunakan kembali, hal ini bertujuan untuk menghindari komponen-komponen overheat atau panas berlebih,
6. Menggunakan PSU abal-abal yang tidak terang kualitasnya sehingga mengakibatkan komponen cpu konslet,
7. Pemberian thermal pasta yang jelek,
8. Tidak menyalakan komputer dalam jangka panjang, terkadang komputer dibiarkan begitu saja selama seminggu atau bahkan hingga berminggu-minggu tak dihidupkan. Hidupkanlah komputer 1x sehari, sama menyerupai motor, komputer pun harus dipanaskan,
9. Memakai komponen yang tidak kompitable dengan sesamanya, misalkan RAM/processor kurang cocok dengan motherboard tapi tetep dipaksakan, tapi kini walaupun tidak kompitable komputer masih sanggup hidup tapi dengan beberapa hambatan menyerupai lag/hang, jadi gunakan komponen-komponen yang kompitable dengan motherboard/processor/dll.
10. Memukul-mukul CPU/Monitor dikala hang/error/lag. Ini komputer mas bukan tv, dikira tv yang klo dipukul-pukul bakal bener lagi.

Demikian postingan saya mengenai Cara Memperbaiki Komputer Nyala tapi Tidak Tampil di Monitor, sesuai dengan pengalaman saya sendiri, dikala komputer saya nyala tapi tidak tampil di monitor pas saya cek ternyata RAM nya rusak, saya awalnya bingung, saya searching di mbah google dan youtube mengenai persoalan ini kesannya nihil.

Kebanyakan keterangan yang di google itu mengeluarkan bunyi biip biip pas dinyalakan, tapi punya saya tidak. Maka dari itu saya penasaran, komputer saya nyala tapi mouse dan keyboard saya tidak nyala, loh kok sanggup gitu ? Pas saya cek lebih dalam lagi saya coba RAM nya diganti Alhamdulillah sanggup hidup lagi. Tapi wajib dicoba juga di komputer kalian, itu antara RAM yang rusak atau slot RAM nya yang rusak, kalau slot RAM rusak harus diganti motherboardnya. 

Cukup sekian dari saya kalau ada yang ingin ditanyakan silahkan di kolom komentar nanti Insyaallah saya akan balas dengan apa yang saya ketahui.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel